Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh - Seperti yang kita ketahui windows 10 saat ini merupakan salah satu windows yang digunakan banyak orang. Terlebih dengan laptop keluaran tahun 2019 ini, sudah pasti laptop tersebut menggunakan windows 10 agar driver laptopnya dapat bekerja secara maksimal.

Windows 10 banyak memberikan fitur baru dan desain tampilan yang sangat menawan dengan nuansa kotak-kotanya. Windows 10 merupakan perpaduan dan penyempurnaan antara windows 7 dan windows 8. Di windows 7 kita sangat terbantu sekali dengan adanya fitur search di bagian bawah kiri taskbar, namun ketika beralih di windows 8 hal tersebut dihilangkan. Maka tak ayal ada begitu banyak pengguna windows yang kurang nyaman dengan fitur baru windows 8 ini walaupun dari sisi tampilan sudah sangat memuaskan. Maka terbitlah windows 10 untuk menggabungkan kedua permasalahan tersebut.

Baca Juga | Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7

Namun ada beberapa kendala yang dialami oleh pengguna windows 10, salah satunya adalah fitur "Windows update". Menurut saya, windows update pada windows 10 sudah tidak sama lagi dengan windows 7, kalau di windows 7 mungkin kita bakalan mendapatkan masalah jika melakukan update contohnya blue screen. Sedangkan pada Windows 10, justru malah sebaliknya, laptop atau pc kita malah menjadi semakin bagus dan terlindungi dari serangan malware atau virus. Tapi untuk melakukan sebuah update windows, kita membutuhkan jumlah kuota internet yang besar. Bagaimana jika saat itu kita sedang ingin menghemat kuota atau kuota sedang menipis? Saya pernah mengalaminya, kuota tiba-tiba berkurang 1GB padahal yang saya lakukan cuman memberikan hotspot untuk bermain PUBG Mobile di pc.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh
Program svchost.exe (netsvcs -p) menempati urutan teratas dalam menguras kuota

Cek percek ternyata penyebabnya adalah windows update. Benar saja, setelah saya shut down laptop muncul lah notifikasi "tunggu update" dari windows. Tentu itu sangat mengganggu bukan, apalagi jika kita sedang menghemat kuota. Maka dari itu saya akan membagikan tips ampuh cara mematikan auto update windows 10 secara paksa.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Berikut cara menghentikan update windows 10 yang sedang berjalan dengan secara paksa :
  1. Ketik "Services" di pencarian windows.
  2. Lihat pada bagian "Background Intelligent Transfer Service".
  3. Kemudian klik kanan dan pilih properties.
  4. Pada bagian startup type, pilih "Disabled".
    Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh
  5. Dan apabila service status sedang running, maka tekan tombol Stop.
  6. Terakhir klik OK.

Kesimpulan

Cara mematikan auto update windows 10 ini saya dapatkan dari google setelah berbagai cara yang saya coba dan memang cara ini terbukti ampuh menghentikan auto update windows 10 saya. Walaupun kekurangan dari cara mematikan auto update windows 10 ini adalah jika kita restart laptop atau pcnya, maka bisa saja Startup typenya akan kembali menjadi Running. Jadi anda wajib mengeceknya setiap menyalakan laptop dan ingin tersambung ke internet. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 Responses to "Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah dan Ampuh"

  1. Bermanfaat sekali, karena masalah yang saya alami juga begitu.
    Hanya saja solusi ini parsial ya sepertinya. Windowsnya sudah dibuat agak sedikit pintar, sehingga bisa mengembalikan apa yang seharusnya dia kerjakan.

    Lalu bagaimana jika sistemnya di deepfreeze, apakah berpengaruh? Dy tidak akan kembali ke setingan update otomatis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal deepfreeze saya kurang tahu om soalnya dari dlu saya gak ada niat buat pakai gituan.

      Terima kasih atas kunjungannya om ..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel