Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7

Pada kali ini saya akan memberikan Tips Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7 baik pada Laptop maupun Komputer PC anda. Pengertian Blue Screen sendiri merupakan salah satu penyakit gagal booting yang umumnya terjadi kepada para pengguna sistem operasi windows. Untuk itu saya akan memberikan bagaimana cara mengatasi blue screen tersebut. Cara mengatasi blue screennya tergantung dari jenis masalahnya, kadang ada yang karena harddisk bermasalah, kadang bisa virus, ataupun karena komputer terlalu berat dalam menjalankan program sehingga terkesan dipaksakan alhasil windows pun langsung blue screen.

Secara umum, Blue Screen disebabkan karena adanya Critical Error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami Blue Screen.

Terkadang bagi kita para pemula atau orang baru pada dunia komputer merasa sangat kesal dan sedikit merasa takut. Nah disini saya akan berbagi pengalaman tentang menghadapi masalah pada windows dimana tiba-tiba layar berubah menjadi biru yang biasa disebut oleh orang yang berkecimpung didunia IT (BlueScreen).

Cara Pertama : Open System Restore

Sebenarnya Langkah ini cukup sederhana tapi dengan catatan anda sudah pernah mengaktifkan fitur sistem restore sewaktu windowsnya masih berjalan dengan normal. Karena terkadang kita perlu mengaktifkan manual fitur sistem restore ini. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Nyalakan Laptop atau komputer pc anda dahulu.
  2. Tunggu sampai masuk di Start Windows
  3. Tekan Tombol Power Button dan Tahan sampai benar-benar Mati PC/Laptopnya.
  4. Nyalakan lagi PC/Laptopnya.
  5. Tunggu sampai muncul pilihan, trus anda pilih Safe Mode.
  6. Tunggu sampai Booting Safe Modenya selesai.
  7. Sekarang anda sudah masuk dalam Operasi Safe Mode.
  8. Klik Start > Control Panel > Recovery > Open System Restore > Next > Next > Finish > Yes.
  9. Tunggu dan biarkan PC/Laptop anda Restart Otomatis
  10. Nah sekarang Windowsnya sudah tidak Blue Screen lagi kan?

Cara Kedua : Repair System Operasi Windows

Adakalanya Blue Screen terjadi karena ada beberapa File Windows yang corrupt, untuk mengatasinya  cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair  pada Sistem Operasi Windows dengan menggunakan DVD Operasi Sistem Windows anda. Untuk itu anda terlebih dahulu harus memiliki CD Instalasi Windows atau paling tidak bootable melalui flashdisk.

Dan jika Cara diatas juga belum bisa mengatasi masalah si biru tadi, sekarang coba cara yang lain yaitu :

Memeriksa Perangkat Hardware.

Yang pertama anda periksa itu adalah Harddisk, terkadang kondisi Harddisk yang bad atau kurang baik, bisa mengakibatkan Blue Screen, jika memang setelah dicek kondisi kesehatan Harddisk anda baik-baik saja dan anda tidak menemukan kerusakan yang berarti. Ada baiknya jika anda memeriksa Memory RAM anda, Pastikan kalau RAM anda terpasang dengan baik, atau kalau memang dibutuhkan periksa RAM anda dengan menjalankan program "Windows Memory Diagnostic"

Penutup

Itulah Tips Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7. Apa yang saya sampaikan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama memakai windows 7, namun sebenarnya sekarang saya sudah beralih ke windows 10 karena katanya windows 10 sudah dilengkapi fitur update otomatis yang memungkinkan tidak terjadinya lagi bluescreen. Semoga Bermanfaat bagi anda dan juga saya sarankan agar tidak sembarang install aplikasi atau software bajakan yang belum teruji. Terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel