Sharing Pengalaman, Mengobati Penyakit Whitespot Ikan Hias

Sharing Pengalaman, Mengobati Penyakit Whitespot Ikan Hias - Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam dunia aquarium. Kebetulan saya sedang memelihara ikan hias atau lebih tepatnya ikan mas koki. Tetapi ikan saya tersebut diserang oleh penyakit yang namanya whitespot atau jamur yang menimbulkan bintik putih pada tubuh ikan. 

Alhasil saya pun googling tentang masalah ini, saya mendapatkan jawaban kalau obat yang manjur untuk gejala whitespot ini adalah Methylene Blue atau Metil Biru. Salah satu obat kimia yang paling ampuh untuk mengatasi masalah bintik putih tadi. Nah, disini saya menggunakan obat yang bernama Blitz Icht, penampakan obatnya seperti dibawah.

Sharing Pengalaman, Mengobati Penyakit Whitespot Ikan Hias

Seperti yang anda lihat pada kemasannya, sangat disarankan untuk mengikuti aturan pakai yang sudah diberikan.
  • Untuk Pengobatan : 1 Tetes / 4 Liter Air
  • Untuk Pencegahan : 1 Tetes / 8 Liter Air

Kurang lebih seperti itu untuk aturan pakai yang dianjurkan. Untuk cara pemakaian berdasarkan cara yang saya lakukan waktu itu adalah :
  1. Kebetulan waktu itu kondisi saya, seluruh isi akuarium terkena penyakit whitespot ini (total 4 ekor ikan blackmoor dan ikan mas).
  2. Kondisi air aqua saya waktu itu juga tidak terlalu bersih dan tidak terlalu kotor.
  3. Untuk mengukur jumlah liter air aqua, saya menggunakan cara manual yaitu menghitung dengan rumus volume balok (P x L x T).
  4. Setelah didapatkan jumlah volume liter air, saya langsung menetaskan obat blitz icht tadi ke dalam aqua (posisi aqua belum dibersihkan).
  5. Aqua tidak saya bersihkan full karena saya berniat akan membersihkannya ketika sudah benar-benar sembuh total + jamur yang ada di kolam hilang.
  6. Lanjut, setelah tetes tadi. Biarkan selama 1x24 jam, lalu ganti air aqua sekitar 60% dengan air yang baru (air endapan).
  7. Lakukan langkah-langkah tersebut berulang-ulang hingga bintik-bintik putihnya mulai rontok satu persatu sampai hilang 100%.
  8. Setelah sembuh total, barulah disini saya membersihkan aquarium beserta dengan isi-isinya.

Mungkin cara saya diatas terkesan konyol atau lucu wkwk. Tapi Alhamdulillah terbukti mampu mengobati ke empat ekor ikan saya tersebut. Oh iya, setelah saya telusur ternyata obat blitz icht ini tidak menambahkan keterangan masa berlaku (masa kadaluarsa), tapi menurut saya obat ini tahan sampai 1 atau 2 tahun.

Mohon maaf jika bahasa saya belepotan karena ini adalah pertama kalinya saya sharing pengalaman  nyata melalui blog. Jika anda masih kurang paham atau ada perihal lain yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah, akan saya bantu jawab sebisa mungkin. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

0 Response to "Sharing Pengalaman, Mengobati Penyakit Whitespot Ikan Hias"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel