Cara Mengaktifkan Data Google Search Console di Google Analytics

Cara Mengaktifkan Data Google Search Console di Google Analytics - Artikel ini didasari oleh rasa ingin coba-coba saya dalam menjajal fitur google analytics sambil mempraktekkan tutorial Blog PanduanIM tentang bagaimana menilai dan meningkatkan performa keyword di suatu website. Akan tetapi, saya menemukan kendala. Ternyata google search console blog ini masih belum sinkron dengan google analytics. 

Jujur, awalnya saya terheran-heran. Saya sudah menautkan blog ini ke google analytic tapi kok masih belum bisa-bisa ya? (terlalu bodoh saya wkwk). Cek-percek ternyata yang dikaitkan itu bukan ke blognya saja, melainkan harus juga mengaitkan dengan google search console. Agar google analytics bisa mengambil data blog kita yang kemudian akan dikalkulasi sama mereka (selengkapnya baca artikel PanduanIM).

Biasanya hal ini terjadi pada blog baru atau mungkin orang yang awam dengan fitur analytics yang belum mempraktekkan cara ini seperti saya XD. Untuk itu saya akan berbagi tutorialnya agar google analytics kita dapat terhubung dengan google search console.

Cara Menghubungkan Search Console dengan Google Analytics

  1. Pastikan sebelum melakukan tutorial ini, anda sudah memverifikasi dan menambahkan situs di google search console dan google analytics.

  2. Buka Google Analytics https://analytics.google.com/analytics/web/

  3. Klik simbol Roda Gigi alias Setelan pada bagian kiri bawah.

  4. Kemudian pilih Setelan Properti.

  5. Scroll kebawah sampai dapat Search Console dan klik Sesuaikan Search Console.
    Cara Menghubungkan Search Console dengan Google Analytics
    Klik gambar untuk perbesar

  6. Klik Tambahkan.
    Cara Menghubungkan Search Console dengan Google Analytics
    Klik gambar untuk perbesar

  7. Ceklis web anda kemudian pilih Simpan > Oke.
    Cara Menghubungkan Search Console dengan Google Analytics
    Klik gambar untuk perbesar

  8. Selesai.

Kesimpulan

Google Analytics merupakan salah satu layanan yang wajib anda manfaatkan fiturnya dalam mengecek perkembangan situs. Saya sendiri belum terlalu tahu mendalam tentang google analytics ini karena awalnya saya menggunakan histats, namun saya putuskan untuk mencopotnya karena membuat blog menjadi berat. Lihat postingan saya tentang bagaimana cara mengoptimalkan kecepatan situs blogspot disini.

Demikianlah artikel Cara Mengaktifkan Data Google Search Console di Google Analytics. Semoga bermanfaat, sekain dan terima kasih.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Data Google Search Console di Google Analytics"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel